Kamis, 20 Oktober 2011

EMULATOR PSX/PS1

Cara Maen Emulator Playstation 1 di Komputer PC Lebih Maksimal dan Mudah

Neh Aq mau berbagi kesenangan dengan pembaca sekalian. kebetulan temen2 kuliah sedang seneng maen PS1 kan?, coz kayaknya keren banget ! Bagi para kamoe2 yang mau maen game PS1 ataupun PS2 di komputer pc ato laptop bisa memakai emulator. Bermain ps1 di pc tidak terlalu banyak makan memory, aplikasi ini sangat ringan dan tidak perlu di instal. Aplikasi ini disebut dengan emulator ps1, jenis emulator terbaik untuk ps1 menurut saya yaitu PSX1 V1.13, karna tidak perlu lagi menggunakan plugin. Kalo PS2 harus butuh speck hardware yang lebih tinggi lagi. Untuk dapat menggunakan emulator ini, kamu harus menyiapkan file biosnya, maka emulator dapat berjalan dengan tampilan pertama seperti kita bermain di ps1 seperti biasa.
===Emulator PS1 dan Toolsnya===
Di sini saya ingin memberikan referensi tentang setingan terbaik untuk emulator PS1. Yang dibutuhkan:
1. Emulator PSX v1.1.3. + Bios PS1
kamu2 dapat mendonlotnya di sini udha termasuk biosnya ja lho tinggal extract n maen (baek kan aku heee…!). Neh saya ngasih biosPS1nya yang latest version ’en diperkirakan akan meningkatkan tingkat proses emulasi menjadi terbaik.
2. yang pasti CD PS1nya.
3. Nero CD Tools ataw sejenisnya. Alternatifnya bisa dengan CDBurnerXP ato juga bisa gunain daemon tools, alkohol 120% ato Power ISO. yang penting bisa tuk buat cd image n dibuat virtual cd image juga. Enaknya sih game dari CD sudah di bikin iso/image CD. biar loadingnya cepet dan CD drivenya awet.
Ini untuk buat file image. File image tu artinya file satu CD dikompres dan disimpan ke dalam harddisk. Dapat disimpan sebagai file ISO ato NRG ato juga bin. Jadi nggak bikin rusak CD ato DVD Qta ya kan…:)
4. Game Pad. alias stcik
Byar makin extrim. klo gak punya juga gak pa2. gak dipaksa tuk beli. Karena pakek keyboard juga bisa
===CARA MAEN PS1===
Nah gimana cara maennya???? gampang kug nich aku kasih preview dikit cara maennya
1. extrack dulu hasil downloatan kmu tadi. lalu buka file psxfin.exe ntar muncul kayak gini
2. Lho Trus gimana Kug gak keluar gamenya??? Yaw siapkan dulu gamenya masukan cdnya lalu buat CD imagenya. Setelah itu kita load gamenya Misal disini game megaman
Nah jadi dech… utuk setingan laennya bisa dikonfigurasi di File>Configuration
===CARA KONFIGURASI PSX (emulator PS1)===
Nah kan dari komentar2 di bawah banyak yang menaynyakan gimana sich caranya mengkonfigurasi PSX 1 ini??? Kug gak jalan kug error??? Nah banyak sekali pertanyaat tentang itu. Oleh karena itu disini saya akan memberikan tutorial khusus dalam bentuk pdf. Biar gampang bacanya …J langsung aja yah..

===Membuat ISO dari CD PS 1===
Untuk menghemat waktu loading serta biar CD ROM kita awet sebaiknya saat maen jangan menggunakan Kaset tapi gunakan Virtual CD
Nah gimana Buat Virtual CDnya??? Gampang Kug bisa menggunakan POWER ISO
Bingung nGunain Power ISO Silahakn baca Blog Teman saya Nich… :) Klik di sini tuk masuk my friends blog- Cara menggunakan Power ISO
===TAMBAHAN dari Mz Teuku: Masalah Memory Card PS1===
1. Buka psx tanpa load game, trus buka file dan config. Pilih tab memory cards. Nanti di slot 1 ada tanda , pilih dan setelah terbuka ketik nama memori yg mw di buat, ex : dan ok maka file nya berformat (.bin). Setelah itu exit psxnya. Begitu juga untuk slot 2 tapi dengan nama memorycard yg berbeda.
open psx-config->memory cards->…->memoriku->ok->tutup psx
2. Sekarang buka psx tanpa load game, tunggu sampai muncul tampilan memory card dan cd player. Pilih memory card agar file yang kita buat td dibaca oleh sistem psx. setelah terbuka maka tutup lagi (pilih exit).
3. Yang terakhir, buka game yg mau dimainkan dan pilih reset agar sistem diulang dr pertama.
Semoga membantu teman2.
===REQUIREMENT Emulator PS1===
Lalu Persayaratannya minimal apa ja??
Yach seperti game2 emulator mini laennya Persyaratan pada PC Yaitu:
- Minimal pentium 3 prosesor mendukung MMX,SSE,SSE2,SSE3,SSSE3,SSE 4.1
- OS WindowXP / Linux/ Ubuntu
- VGA 16 mb
- Joystiek 2 buah (kalo gak punya keyboard juga gak pa2)
- Memory 512 mb
- Hardisk Minimal 5 Gb untuk menyimpan beberapa file2 Image CD gamenya   
Trims 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar